5 Unicorn Pertama di Indonesia

Ada yang tau apa itu Unicorn ? buat kamu yang mau memulai belajar bisnis online harus tau istilah ini, unicorn adalah perusahaan startup yang punya nilai valuasi sampai US$ 1 miliar atau kalau dirupiahkan dengan nilai sekarang sekitar 14 triliun (14.000 Milyar).

Startup itu punya makna yang luas ya sob.. bisa diartikan perusahaan rintisan atau perusahaan yang belum lama beroperasi tetapi hanya dalam bidang tertentu yaitu bidang teknologi informasi dan internet. Jadi gak bisa semua perusahaan yang baru berdiri disebut startup.

 

5 Unicorn Pertama di Indonesia

Unicorn nilai valuasinya 1 miliar dollar.. lalu apa yang dimaksud dengan nilai valuasi ? maksudnya adalah nilai ekonomi dari sebuah bisnis itu senilai 1 miliar dollar. Bukan hanya modalnya ya.. tetapi semua aspek dalam startup itu jika dinilai dengan rumus bisnis, nilainya 1 miliar dollar.

Nah.. di negeri kita tercinta ada nih startup yang sudah punya nilai valuasi sampai 1 miliar dollar. Berikut daftarnya :

Gojek

Ojek online yang satu ini memang menjadi pelopor ojol di Indonesia, gak salah memang kalau Gojek dinobatkan sebagai salah satu unicorn di Indonesia. Menurut salah satu sumber media online yang cukup kredibel, tahun 2019 valuasi gojek menyentuh angka 10 miliar dollar.

Syarat untuk mendapatkan gelar unicorn minimal kan 1 miliar dollar,, nah ini malah 10 kali lipatnya.. kebayang gak tuh seberapa banyak duitnya..

Gojek awalnya hanya sebatas transportasi berbasis sepeda motor, tapi lambat laun berkembang seperti sekarang ini. Ada banyak layanan dalam satu aplikasi. TOP lah pokoknya..

Baca juga : cara daftar gojek

Tokopedia

Di posisi kedua ada Tokopedia, seperti namanya, yang satu ini adalah pasar online atau marketplace. Masih ditahun yang sama, menurut cnbc indonesia, nilai valuasi tokopedia sebesar 5.9 miliar dollar.

Menurut saya, tokopedia nih termasuk pelopor marketplace di Indonesia, awal-awal kenal marketplace ya tokopedia, hampir semua penjual online, agen dan reseller punya toko di situs tokopedia.

Wajar jika banyak investor masuk ke tokopedia, sebut saja salah satunya alibaba group, perusahaan yang memang bergerak di bidang online dan punya banyak jaringan di seluruh dunia.

Traveloka

Unicorn posisi ketiga dipegang oleh traveloka dengan nilai valuasi 2 miliar dollar atau setara dengan 28 triliun.

Tau kan traveloka ? itu lo aplikasi tiket buat kamu yang mau jalan-jalan. Macam-macam tiket ada di aplikasi ini, sebut saja tiket hotel, tiket pesawat, kereta api dst. Kamu gak perlu datang ke tempat pembelian tiket, cukup duduk manis di rumah kemudian beli tike melalui aplikasi ini, very simple.

Bukalapak

Bukalapak sama seperti tokopedia, dia adalah aplikasi pasar online atau marketplace. Hanya saja nilai valuasinya di bawah tokopedia.

Menurut info dari tekno.kompas.com nilai valuasi bukalapak senilai 2,5 miliar dollar atau setara dengan 35 triliun. Amazing memang..

OVO

Di posisi terakhir ada OVO dengan nilai valuasi 2.9 miliar dollar (sumber berita tekno.kompas.com).

Tau kan ya OVO itu apa ? itu lo.. aplikasi pembayaran elektronik seperti dompet digital. Jadi kalau kamu punya akun ovo, nomor HP kamu sebagai nomor rekeningnya. Yang pasti, karena basisnya aplikasi mobile, ovo tidak mengeluarkan buku tabungan, cukup lihat transaksi via smartphone (baca : hp android).

Demikian informasi tentang 5 Unicorn Pertama di Indonesia, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu dalam bidang teknologi informasi.

Temukan artikel teknologi menarik lainnya di situs pediansa.