Alat-Alat Pembuatan Furniture

Dalam proses produksi untuk menjadikan kayu utuh menjadikan sebuah produk furniture yang cantik, dibutuhkan berbagai alat pertukangan untuk proses pengerjaan dan perakitan.

Ibarat membuat sebuah rumah, proses pembuatan furniture pun dibutuhkan dari berbagai aspek penunjang, agar menghasilkan sebuah karya yang indah. Baik bahan baku, tukang kayu serta alat-alat pertukangan. Sebagai contohnya, Pengrajin Dewa Mebel dalam proses produksi menggunakan alat dan tukang kayu berpengalaman dalam proses pembuatan produk furniturenya.

Namun kali ini kami akan membahas lebih khusus mengenai alat yang wajib ada di dalam proses pembuatan furniture baik model minimalis maupun klasik dan ukir.

Berikut kami tampilkan beberapa alat yang wajib dimiliki :

1. Mesin Serut Kayu

Alat-Alat Pembuatan Furniture

Mesin Serut atau Mesin Pasah ini memiliki fungsi untuk menghaluskan permukaan kayu yang kasar, biasanya kayu setelah digergaji dari meja gergaji akan memiliki permukaan yang kasar. Nah mesin serut ini digunakan untuk menghaluskan dan meratakan permukaan papan kayu.

Beberapa penggunaan mesin ini adalah untuk

  • Menghaluskan permukaan papan kayu.
  • Meratakan papan kayu setelah proses penyambungan.
  • Meratakan antar bagian papan agar siku dan rapi

2. Gergaji Kayu

Alat-Alat Pembuatan Furniture

Untuk gergaji ada beberapa jenis yang digunakan, karena setiap jenis dari gergaji memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis gergaji yang wajib ada di proses pembuatan furniture

Alat-Alat Pembuatan Furniture

  • Meja Gergaji : digunakan untuk pemotongan papan kayu dan pembuatan purus
  • Gergaji tangan : Digunakan untuk pemotongan purus kayu
  • Gergaji bengkok : Digunakan untuk pemotongan kayu dengan motif bengkok dan lainnya.

3. Mesin Bor

Alat-Alat Pembuatan Furniture

Mesin ini biasa digunakan sebagai alat untuk membuat lubang sebagai tempat baut agar produk lebih kuat. Dan juga digunakan untuk mengencangkan sekrup ke kayu. Karena mesin ini bisa diganti-ganti mata bor nya, untuk itu alat ini wajib ada di alat pertukangan mebel.

4. Mesin profil Kayu

Alat-Alat Pembuatan Furniture

Sama halnya dengan alat lainnya, mesin ini digunakan sebagai alat pembuat motif di kayu, pembuatan purus, pembuatan celah untuk sambungan kayu.

5. Mesin Bobok Kayu

Alat-Alat Pembuatan Furniture

Produk ini berfungsi untuk proses pelubangan kayu, fungsi dari pelubangan adalah untuk menyatukan bagian kayu satu dengan yang lainnya, atau dikenal dengan purus kayu. Kegunaannya untuk memperkuat konstruksi agar produk tidak mudah ambyar.

6.  Mesin Amplas

Alat-Alat Pembuatan Furniture

Setelah semua perakitan selesai dan sudah menjadi produk mebel yang utuh, tahapan selanjutnya adalah proses penghalusan seluruh permukaan baik dalam dan luar produk, hal ini bertujuan agar semua papan halus dan siap untuk ke tahap finishing.

7. Meteran, Siku-Siku dan Palu Serta Pahat

Alat-Alat Pembuatan Furniture

Untuk meteran sendiri biasa digunakan untuk mengukur bahan dan produk, untuk siku-siku digunakan untuk pemotongan kayu agar benar benar lurus dan tidak menceng. Dan palu serta pahat sebagai pengencang paku dan pembersih lem yang menempel di papan kayu.

Sebenernya masih banyak alat lainnya, namun apabila anda memulai sebuah usaha pembuatan furniture cukup memiliki alat diatas anda sudah bisa menjalankan usaha dengan baik.

Kami memberikan informasi ini karena atas pengalaman kami yang domisili di pusat mebel indonesia yaitu di kota jepara, kebanyakan mebel di jepara adalah home industri yang semuanya memiliki alat pertukangan diatas.