Bukan Dari Stainless, Ini Referensi Bahan Sedotan Selain Plastik yang Ramah Lingkungan

Sedotan yang terbuat dari bahan stainless atau besi mendadak jadi primadona di kalangan pecinta lingkungan, sejalan dengan adanya gerakan tanpa sedotan plastik. Banyak orang yang akhirnya mengganti sedotan mereka dengan sedotan stainless karena dinilai tidak mengotori lingkungan seperti halnya sedotan plastik yang hanya sekali pakai.

Tapi justru sedotan stainless atau besi ini pun tidak ramah-ramah banget untuk lingkungan lho. Sedotan dari bahan stainless atau besi ini justru sudah mencemari lingkungan sebelum dipakai, karena proses pembuatannya yang membutuhkan energi yang lebih besar dibandingkan sedotan plastik. Belum lagi asap pabriknya pun bisa menjadi polusi. Tenang, sebagai gantinya kamu bisa simak pilihan sedotan dari admin tong sampah stainless di bawah ini ya :

1. Sedotan rumput yang dibuat orang Vietnam

Sedotan rumput tersedia dalam dua versi, segar dan kering. Untuk versi kering dibuat dengan menjemurnya di bawah sinar matahari kemudian dipanggang di dalam oven. Sedotan segar bisa bertahan sampai 2 minggu sedangkan sedotan kering bisa bertahan sampai 6 bulan, jika disimpan di dalam suhu ruang.

Bukan Dari Stainless, Ini Referensi Bahan Sedotan Selain Plastik yang Ramah Lingkungan

2. Sedotan dari bambu

Sedotan ini pun aman karena tidak mengotori lingkungan dan bisa terurai secara alami, karena dibuat dari bahan alami. Teknik penyimpanan sedotan bambu harus cerdas ya, jangan sampai basah terlalu lama karena bisa menyebabkan munculnya jamur.

3. Sedotan dari rumput laut yang bisa dimakan

Jadi setelah dipakai untuk minum, sedotan ini tidak perlu dibuang dan tidak khawatir akan mencemari lingkungan. Karena saat ini sudah ada lho yang membuat sedotan dari rumput laut, warna dan rasanya pun dibuat macam-macam.

4. Sedotan yang terbuat dari batang gandum

Jika biasanya gandum hanya diambil bijinya saja untuk dijadikan bahan dasar makanan. Tapi kali ini yang dipakai untuk dijadikan sedotan adalah batangnya. Karena terbuat dari bahan alami tentu saja sedotan ini tidak mencemari tanah atau laut.

Wah, beberapa pilihan sedotan diatas tentu akan membantu kita untuk mengurangi pemakaian plastik dan menjaga lingkungan supaya tetap bersih ya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari ya.