Pertolongan Cepat Ketika Laptop Terkena Air, Ini Caranya

Tanpa disadari karena kecerobohan kita menjadikan barang elektronik kesayangan menjadi rusak. Seperti ketika tanpa sengaja menyenggol air dan terkena laptop sehingga membasahinya.

Bila terkena air umumnya barang elektronik akan mengalami kerusakan saat itu juga. Kalau saja ini terjadi pada anda pasti akan merasa sangat panik. 

Maka dari itu segera di ambil langkah cepat agar tak memberi dampak buruk kebelakang nantinya. Namun hal pertama yang perlu ditanamkan dalam pikiran adalah tetap tenang sehingga bisa mengambil langkah penangannya sebelum membawa ke tukang service laptop atau service komputer kenalan anda.

Pertolongan Cepat Ketika Laptop Terkena Air, Ini Caranya

Lalu apa hal – hal yang bisa dilakukan seperti :

1. Lepas charger dan baterai

Ketika laptop ketumpahan air dan masih dalam kondisi menyala, secepat mungkin data anda di save dulu. Setelah itu matikan laptop. Lepas charger dari listrik pln dan tidak lupa untuk melepas baterai dengan segera. Saat itu kecepatan anda sangat berguna sekali. Sebab semakin lama maka air akan merembes ke dalam sehingga nanti bisa merusak komponen yang ada. Air yang ada ini bisa menyebabkan konsleting.

2. Buka laptop dan balikkan

Kalau sudah mati dan terlepas semua yang menempel di laptop, selanjutnya kamu bisa membuka laptop selebar – lebarnya dan kemudian balikkan sehingga bagian layar dan keyboard menghadap ke bawah. Pastikan di bagian bawahnya ada kain yang gunanya untuk menyerap air yang menetes dari laptop. Biarkan diposisi itu sampai beberapa lama. Jangan lupa cek bagaimana kondisi airnya sudah berkurang atau belum.

3. Bersihkan air 

Selama melakukan seperti di nomor 2, sebaiknya jangan bengong saja meratapi yang ada. Lakukan untuk membersihkan dan menyeka air yang bisa di seka. Bisa di bagian sela – sela lcd, port usb, layar monitor, dan lainnya yang terlihat. Sehingga semakin air hilang maka akan semakin bagus. Untuk itu bisa gunakan kain halus yang mudah menyerap air atau gunakan tisu.

4. Letakkan di dalam beras

Ini adalah cara lama, namun sangat efektif yakni meletakkan laptop di dalam beras. Masukkan laptop wadah lalu timbun dengan beras secukupnya. Usahakan semua bagian tertutupi. Sifat beras ini bisa menyerap air atau lembab. Sehingga bila melakukan ini air yang ada bisa cepat terserap.

5. Lepas keyboard bila banyak air

Bilamana air yang menumpah tersebut dalam jumlah banyak. Maka selain membalikkan laptop sebisa mungkin untuk melepas keyboardnya. Tujuannya adalah supaya air semakin cepat terbuang dari dalam laptop sendiri. Setelah itu keyboard bisa dikeringkan menggunakan lap atau di jemur.

6.Copot hardware

Agar semakin cepat proses pengeringan air, maka komponen yang ada bisa di lepas satu demi satu seperti RAM, Harddisk, DVD Room. Lakukan saja yang bisa dilepas. Setelah itu komponen tersebut dibersihkan dari air yang ada. Namun bila anda merasa kesusahan maka bisa memanggil jasa service laptop di jakarta yang bisa membantu masalah anda tersebut.

7. Bawa ke tukang service

Bilamana langkah diatas sudah di lakukan dan dinyatakan semua komponen itu kering nambun anda masih ragu, ada baiknya membawa ke service laptop kepercayaan anda supaya di ambil tindakan secepatnya dan mendeteksi semua kondisi yang ada.