Tepat Memilih Cat Interior Bagus dan Murah

Saat ini banyak sekali bermunculan produk cat yang memiliki warna beragam serta formula yang menarik. Di samping itu, cat-cat ini juga memiliki harga yang sangat bervariasi. Namun tidak semuanya memberikan hasil yang maksimal. Sangat perlu untuk bisa memilih cat interior bagus dan murah.

Semua cat yang ada di pasaran, tampil dengan menekankan keunggulan masing-masing. Ada yang mengedepankan pilihan warna yang beragam, ada yang kualitas, ada juga yang memberikan harga yang murah. Anda hanya perlu mempertimbangkan hal-hal penting sebelum memutuskan untuk membeli cat.

Ciri-ciri Cat Interior Bagus dan Murah

Dalam menemukan cat yang murah dan juga bagus memang tidak mudah. Kesalahan dalam memilih cat akan menyebabkan tembok rusak seperti cat mengelupas, warna yang cepat pudar, hingga kerusakan lainnya. Beberapa ciri sebuah cat dapat dikatakan bagus dan layak untuk digunakan antara lain.

Tepat Memilih Cat Interior Bagus dan Murah

1. Mampu Menutup Retak Rambut

Mungkin Anda kurang menyadari bahwa retak rambut dapat terjadi pada permukaan tembok. Retak ini sangat halus dan bahkan hampir tidak terlihat. Namun jika tidak ditutup dengan baik, retakan ini dapat mengakibatkan rembes air atau keluhan lainnya.

Cat yang bagus adalah cat yang mampu menutup retak rambut ini secara sempurna. Daya serapnya baik sehingga permukaan tembok akan terasa lebih halus. Retakan juga tertutup dengan baik agar tidak ada air yang merembes masuk ke permukaan tembok.

Retak rambut ini apabila ditutup menggunakan cat tembok yang berkualitas rendah, maka akan sangat terlihat seperti garis halus mengikuti retakannya. Lambat laun pada retakan ini akan membuat cat mengelupas, sehingga dinding terlihat jelek.

2. Memiliki Ketahanan Warna

Cat yang memiliki kualitas bagus, akan mampu mempertahankan warnanya dalam jangka waktu yang cukup lama. Berdasarkan usia normal, untuk cat interior memiliki ketahanan rata-rata 5 tahun. Jika kurang dari waktu itu maka, kualitas cat tersebut kurang baik.

Ketahanan warna ini berhubungan erat dengan pigmen warna yang terkandung di dalamnya. Semakin baik kualitas pigmen warnanya akan semakin bertahan lama warna pada dinding. Meskipun terkena cuaca yang ekstrim, namun warnanya tetap seperti awal pengecatan.

Sebelum melakukan pembelian, lihatlah apakah ada garansi untuk warna. Hal ini karena tidak semua jenis cat interior memberikan jaminan ketahanan warna hingga 5 tahun ke depan. Namun ada juga cat yang telah menunjukkan diri sebagai cat dengan kualitas warna yang baik.

3. Perhatikan Kandungan Cat

Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas cat adalah, dengan memperhatikan apakah terjadi pengapuran atau tidak. Pengapuran ini merupakan kondisi dinding yang akan meninggalkan jejak kapur berwarna putih ketika disentuh, atau membekas pada baju ketika Anda menempel pada dinding.

Apabila terjadi pengapuran, maka jelas kualitas cat kurang bagus atau teknik aplikasi cat yang salah. Sebuah cat yang bagus tidak akan mengalami pengapuran karena mengandung resin terbaik. Cat akan menempel sempurna tanpa memberikan bekas jejak ketika disentuh.

Kandungan cat yang kurang bagus juga dapat dilihat dari kemampuan rekat cat pad permukaan dinding. Ada beberapa cat yang tidak dapat melekat sempurna pada dinding meskipun berkali-kali diaplikasikan. Hal ini justru membuat lebih boros cat karena mengulang-ulang pengecatan.

Cat interior bagus dan murah sebenarnya bisa Anda dapatkan, asal Anda jeli dalam memilihnya. Banyak yang masih terpaku pada cat bagus harus mahal. Padahal tidak semua berlaku seperti itu. Kuncinya adalah temukan keunggulan cat yang menguntungkan dan berlaku untuk jangka panjang.