Tidak Hanya di Amerika! Ini Lah Daftar Negara Dengan Restoran KFC Terbesar di Dunia!

Membahas seputar dunia kuliner memang tiada habisnya.

Banyak kuliner-kuliner luar negeri menginvasi Indonesia karena ketenaran dan kenikmatan yang diakui dunia dan menjadi perusahaan besar seperti Pizza Hut, Mc Donald, dan KFC.

Nah kali ini kita akan membahas seputar KFC, sejarah, dan perkembangan restoran ini yang tidak hanya digemari di Amerika, namun juga di Asia.

Kentucky Fried Chicken atau dikenal dengan sebutan KFC sangat populer di berbagai negara. Restoran yang satu ini punya menu ayam goreng dengan 11 bumbu rahasia yang spesial.

Menurut data dari beberapa sumber terdapat sekitar lebih dari 20.404 cabang kfc tersebar di berbagai negara di dunia dan jumlah terus bertambah. Menurut dari beberapa sumber, KFC menempati posisi ke-4 sebagai restoran dengan cabang terbanyak di dunia.

Namun apakah kalian tahu dimana sajakah restoran fast-food ayam goreng terbesar di dunia? 

Ini dia penjelasannya!

Tidak Hanya di Amerika! Ini Lah Daftar Negara Dengan Restoran KFC Terbesar di Dunia!

1. Amerika

KFC terbesar di dunia yang pertama terletak di Amerika. Kolonel Harland Sanders, sang pendiri KFC (Kentucky Fried Chicken) yang memiliki perjalanan inspiratif menuju kesuksesannya, dengan harapan bahwa ayam goreng resep kolonel bisa dinikmati oleh lebih dari milyaran orang di dunia. 

Negara ini merupakan tempat pertama kalinya usaha KFC di buat tepatnya berada di 1441 Gardiner Lane, Louisville, Kentucky, di sebuah bangunan bergaya kolonial berlantai tiga.

Sanders mengidentifikasi konsep waralaba restoran,"Kentucky Fried Chicken" pertama dibuka di Utah pada tahun 1952. Untuk produk yang disediakan mulai dari Ayam Goreng, sandwich ayam, Wrap, kentang goreng, salad, dan masih banyak lagi.

2. Jepang

Di Jepang terdapat cabang kedua dan terbesar kedua di dunia. Awalnya, KFC di Jepang dibentuk sebagai kerja sama antara induk Amerika dengan Mitsubishi Corporation Jepang.

Setelah 4 tahun lamanya bernegosiasi, Mitsubishi diberikan hak waralaba untuk KFC di Jepang, dan percobaan pertama dalam membuka toko digelar pada "Osaka World Expo" pada Maret 1970.

Setelah debutnya berhasil, toko tersebut dibuka tepat di pinggir kota nagoya pada tahun 1970. Di Jepang punya tradisi makanan Natal yang beda dari negara lain, yakni orang-orang Jepang menjadikan KFC sebagai hidangan Natal mereka. Jutaan orang mengantri untuk memesan ayam goreng berminggu-minggu sebelumnya untuk melanjutkan tradisi.

Promo natal KFC tersebut merupakan sebuah ide dari Takeshi Okawara, yang mengelola restoran KFC pertama di Jepang.

Takeshi menjadi CEO KFC Jepang dari tahun 1984 hingga 2002. Saat baru beberapa bulan KFC dibuka pada tahun 1970, Takeshi membuat promosi "jual ember" atau "party barrel" Natal, yang terinspirasi dari makan malam Kalkun Amerika yang rumit, namun jika di Jepang bukan ayam kalkun melainkan menggunakan ayam goreng.

3. Cina

KFC terbesar ke tiga berasal dari Cina. KFC ini pertama dibuka di Qianmen, Beijing, pada tahun 1987. Pada 1988, Bank Cina telah berhasil mengambil 25 persen saham dalam usaha itu.

Pada tahun 1988 outlet Beijing memiliki penjualan volume tertinggi dari setiap KFC di dunia. Pada tahun 2018, di Cina terdapat sekitar 5.919 cabang.

Rantai makanan fast food ini juga terbukti paling populer dan paling laris dibandingkan jaringan fast food lainnya. Restoran terbesar ini berlokasi dekat Lapangan Tiananmen, Beijing. Pengunjungnya membludak tiada henti. Bahkan beberapa bulan sejak dibuka, antrean pembelinya mengular cukup panjang.

Dengan sistem manajemennya yang baik, terdapat juga rahasia dibalik kelarisan KFC di China. Kunci utama keberhasilan KFC menggaet pelanggan pada menunya. KFC di china bukan hanya menjual ayam goreng yang ada di seluruh cabang dunia. Mereka juga menyediakan menu bercita rasa lokal.

KFC di China tidak selalu mengalami bisnis yang lancar terus menerus. Di tahun 2014 laly, perusahaan induk KFC China yakni Yum China mendapat isu skandal daging yang tercemar, dan pada saat tahun 2016 juga mendapatkan kabar isu flu burung yang menggegerkan.