Tips Menyimpan Data Digital

Data Digital adalah data virtual yang tidak ada bentuk fisiknya, tetapi dapat dilihat atau diakses melalui perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer. Meskipun berbentuk virtual, data-data ini dapat dikonversikan ke dalam bentuk lain sehingga dapat digunakan atau dinikmati.

Tips Menyimpan Data Digital

Misalnya data dokumen seperti file Ms Word yang bisa di print. File MP3 yang bisa diputar dan menghasilkan suara, file MP4 yang menghasilkan tampilan audio dan video.

Di zaman modern ini, data digital tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan data fisik. Hanya saja data digital lebih fleksibel dalam penyimpananya.

4 Jenis data yang sering digunakan dalam dunia digital

Data Dokumen

Yang termasuk data dokumen itu seperti file Ms Word, Excel, PowerPoint, pdf, notepad dst. Bisa kamu simpan di media online milik google yaitu Drive. Atau bisa juga simpan di Dropbox.

Google drive memiliki kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Ukuran 15 GB kalau hanya untuk menyimpan file dalam bentuk Ms Word, Excel, PowerPoint dan pdf, bisa ribuan bahkan ratusan ribu file.

Kalau dengan 15 GB masih juga kurang, kamu bisa upgrade ke kapasitas yang lebih besar, tapi harus keluar uang, karena gratisnya cuma 15 GB. Alternatif lain ya buat akun baru dan dapat gratisan 15 GB lagi.

Data Video

Untuk data video bisa kamu simpan di youtube. Jadi kamu harus buat channel youtube dulu. Jika memang videonya penting dan tidak untuk diketahui orang lain (mau jadikan arsip pribadi), saat upload bisa di setting tidak untuk publik atau umum.

Videomu akan aman karena gak ada yang mencari. Dicari juga gak akan ketemu karena video disetting tidak untuk publik.

Rekomendasi terbaik untuk saat ini memang simpan video di youtube ya sob..

Data Gambar

Data gambar ini macam-macam juga formatnya, paling banyak adalah gambar dengan format JPG (JPEG) dan PNG.

Untuk simpan gambar kamu bisa menggunakan media online di bawah ini :

  • Google photos
  • Pixabay.com
  • Pexels.com
  • Flickr.com

Buat akun situs di atas, kemudian upload foto disana.

Data Audio

Data Audio ini sama dengan file suara atau rekaman. Jarang banget sih sekarang orang punya rekaman. Umumnya langsung audio visual (video).

Nah.. kalau kamu punya data audio.. simpan saja di soundcloud.com

Memang agak repot sih.. pisah – pisah gitu cara menyimpannya. Kalau gak mau rempong, bisa simpan semua file yang kamu punya di drive.

Saya sendiri menggunakan google drive untuk menyimpan banyak file. Dan masih cukup dengan kapasitas 15GB.

Demikian informasi tentang tips menyimpan data digital, semoga bermanfaat. Oh ya sob.. buka juga kangmasian.com, situs media online yang membahas seputar teknologi.